SEJARAH KAUR (ASAL MULA BINTUHAN)

2komentar

Kini Nama ”Bintuhan” Merupakan ibukota Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu.
Dulu Bintuhan Ibukota Kecamatan Kaur Selatan,Kabupaten Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu.

KONON Dahulu kala cerita nya : BINTUHAN berasal Kata Bin”tuan yang mana dahulu Masyarakatnya / warga nya banyak terserang wabah penyakit BINTUK (kini Pilek),penyakit ini mewabah hampir keseluruh Kewedanaan Kaur(zaman Belanda)sehingga masyarakat menyebutnya penyakit BINTUK..karena semua masyarakat merata banyak terkena penyakit ini dan disebut= Bintuan.
Tapi Asal Penyakit ini DULU disebabkan oleh Virus Atau Bakteri apa Masyarakat tidak / belum mengetahui,(Kini Depkes sudah tahu Penyebabnya).

Karena Perkembangan zaman akhirnya orang daerah lain datang/bekunjung dan di tanya mau kemana? Mereka menjawab mau ke daerah ini dan menyebut : ke BINTUAN...lama kelamaan karena Ejaan Yang Disempurnakan (Bahasa Indonesia) dan memperhalus bahasa di ganti lah Nama daerah ini dengan Nama BINTUHAN.

Kisah Ini Saya dapat Cerita dari tokoh Masyarakat Bintuhan (Waktu itu Kecamatan Kaur selatan) dan kisah ini hanya sepengetahuan saya karena saya di lahirkan di Bintuhan Tahun 1971, jika ada Tambo atau Kisah Sebenarnya saya Penulis (THABRANI SAKILA dalam group FB BINTUHAN INDONESIA) belum mengetahui,oleh sebab ini kita perlu melihat data dan mengumpulkan Informasi sebagai bahan sejarah nama Bintuhan yang ada untuk Kita Ketauhi bersama di Kabupaten Kaur.

Adapun seingat kami penulis sekitar tahun 80an kira-kira Cuma ada tiga Kecamatan : Kecamatan Kaur Utara di padang Guci. Kecamatan Kaur Tengah di Tanjung Iman, Kecamatan Kaur Selatan di BINTUHAN.

Nama Bintuhan Ini Cukup Unik kalau kita Cermati dan Kaji secara logika keagaamaan Islam bermakna BIN artinya ANAK,sedangkan TUHAN=ALLAH (TUHAN YANG ESA) Pencipta seisi Langit dan Bumi.
Jadi Arti Keseluruhan Bintuhan secara Logika = AnakTuhan.
Jangan diartikan Masyarakat / Warga Bintuhan sebagai Anak Tuhan Salah Besar Tuhan Tidak Beranak dan Tidak Diperanakan,(Tuhan Maha Esa).

Tapi Kalau Warganya / Masyarakat nya kini Sudah Bercampur Baur dari Berbagai Suku dan Ras dan sudah menjadi masyarakat yang Moderen karena sebagai Pusat Ibukota Kabupaten Kaur.
Nah..Mudah-mudahan Warganya / Masyarakat nya sesuai dengan namanya tetap berkeyakinan menjalankan Agama Islam sesuai dengan ajaranya dan tidak melupakan Kultur sejarah kebudayaan walaupun Zaman semakin Moderenisasi yang mengglobalisasi.amin....

Sekali lagi kita sama berharap mudah-mudahan BINTUHAN sebagai Ibukota Kabupaten Kaur tetap Berbenah Diri Membangun disegala sektor sehingga sejajar dengan Ibukota Kabupaten yang lain yang ada di Indonesia.

Penduduk Kaur terbentuk dari orang-orang yang berasal dari dataran tinggi Perbukitan Barisan, yaitu orang Rejang dan orang Pasemah (Palembang), orang Lampung, dan orang Minangkabau. Minangkabau yang masuk melalui Indrapura masuk sampai ke daerah Kaur (Bengkulu). Di sini mereka bercampur dengan kelompok lain yang berasal dari Palembang, sehingga membentuk suatu identitas baru, yaitu orang Kaur.

Misalnya, di Marga Muara Nasal (Kaur) sebagian penduduknya berasal dari Minangkabau. Menurut cerita rakyat, daerah pesisir pantai ini mulanya dihuni oleh suku Buai Harung (Waij Harung) dari landschap Haji (Karesidenan Palembang). Sejak sekitar abad ke-18, mereka mendirikan kolonisasi pertama di muara sungai Sambat yang selanjutnya berkembang sampai ke Muara Nasal. Akan tetapi, pada saat daerah itu diambil alih oleh orang-orang dari Pagaruyung yang masuk melalui Indrapura, sebagian dari mereka terdesak ke Lampung. Mereka bercampur dengan penduduk setempat sehingga dikenal sebagai orang Abung. Sebagian lain suku Buai Harung bercampur dengan orang Minangkabau dan menjadi orang Kaur.

Penduduk yang bermukim di Kaur juga merupakan percampuran antara orang dari sekitar Bengkulu dengan orang Pasemah. Misalnya, di dusun Muara Kinal (Marga Semidang), keberadaan penduduk dimulai dengan berdirinya pemukiman orang-orang dari sekitar Bengkulu (onderafdeeling Bengkulu). Pemukiman ini bergabung dengan pemukiman orang Gumai yang berasal dari Pasemah Lebar dan menjadi satu marga, yaitu marga Semidang Gumai.Pergerakan penduduk dari daerah sekitar menuju Bengkulu terus terjadi sampai sekitar abad ke-19, yaitu percampuran orang Pasemah dan orang Kaur yang dimulai dari kedatangan orang Pasemah yang mendirikan pemukiman di hulu sungai Air Tetap (Marga Ulu Tetap). Selanjutnya, mereka bergabung dengan orang Kaur yang bermukim di Marga Muara Tetap, dan gabungan dua marga ini menjadi Marga Tetap.

Di Kaur terdapat juga orang-orang dari daerah Semendo Darat dari Dataran Tinggi Palembang (Marga-marga Sindang Danau, Sungai Aro, dan Muara Sabung). Mereka bertempat tinggal di Muara Nasal, sekitar 15 km ke arah mudik dari Sungai Nasal, dan bernama Marga Ulu Nasal. Penduduk Marga Ulu Nasal terbentuk dari campuran orang-orang dari daerah Semendo Darat dan Mekakau (Palembang). Kemudian di daerah Manna terdapat orang Serawai, yang menurut legenda berasal dari Pasemah Lebar (Pagar Alam). Mereka berpindah dan bermukim di dusun Hulu Alas, Hulu Manna, Padang Guci, dan Ulu Kinal (daerah Manna). Daerah pantai Lais mendapatkan tambahan penduduk yang berasal dari Minangkabau. Kedatangan mereka diperkirakan berkaitan dengan kedatangan pangeran dari Minangkabau ke daerah orang Rejang dan mereka menjadi cikal bakal Kerajaan Sungai Lemau. Selain itu, di daerah pantai juga terdapat orang Melayu, mereka memiliki daerah pemukiman sendiri yang disebut dengan ‘pasar’ dan dipimpin oleh seorang datuk.

Di daerah pesisir orang Melayu juga bercampur dengan orang Rejang sehingga pemukiman-pemukiman orang Melayu ini masuk dalam pemerintahan marga. Meskipun demikian, dusun-dusun tersebut tetap dengan sebutannya ‘pasar’, seperti pasar Seblat, pasar Kerkap dan di pimpin oleh seorang datuk, tetapi dusun-dusun tersebut adalah bagian dari pemerintahan marga. Orang Rejang, orang Pasemah, orang Minangkabau, dan orang Lampung selanjutnya terikat dalam satu kesatuan wilayah, yaitu Keresidenan Bengkulu. Mereka tersebar di daerah-daerah Bengkulu sebagai berikut:

1). Kelompok orang Rejang sebagian besar bermukim di daerah Rejang dan Lebong, dan sebagian lain berada di pesisir pantai bagian sebelah Barat dari Bukit Barisan, Lembak Beliti di Selatan, Seblat dan sampai ke Sungai Ipuh di sebelah Utara.

2). Kelompok Orang Pasemah atau Midden Maleiers yang dapat dibedakan menjadi:

(a).Orang Pasemah bermukim di bagian hulu sungai Manna, Air Kinal, dan Air Tello, dan di daerah aliran sungai Kedurang, dan sungai Padang Guci.
(b)Orang Serawai berada di daerah Manna, Bengkulu-Seluma, dan Rejang.
(c) Orang Semendo berada di daerah muara sungai Sungai Luas (Kaur)

(d) Orang Mekakau bermukim di hulu Air Nasal (Kaur) dan di marga Way Tenong (Krui).

(e) Orang Kaur bertempat tinggal di pesisir pantai daerah Kaur
(f)Orang Lampung bertempat tinggal di marga Way Tenong, sebagian besar daerah Krui, dan di aliran sungai Nasal (Kaur).
(g)Orang Minangkabau, terutama berada di daerah Muko-Muko.
(sumber :http://ndrietheoutsiders.blogspot.com/2010/01/sejarah-kaur-asal-mula-bintuhan.html)
Share this article :

+ komentar + 2 komentar

Desember 18, 2015

asal kaur yg berarti kehidupan idendik dg kehidupan dulu kaur adalah sebuah kewedanaan batas kewedanaannya dari krui sampai ke hulu pd guji ibukota kewedanaannya adalah kota bintuhan, penjajah belanda khususnya bukan sembaran membentuk kewedanaan kaur tentunya belanda melihat sejarah. asal penduduk kaur dari kerajaan melayu riau mereka melarikan diri krn tidak sesuai dg pemerintah kerajaan hingga bersembunyi mereka menamakan kaur krn tempat awal kehidupan mereka, mereka menyebar asa yg di pulau pisang ada di pd guci dan sekitar bintuhan mereka satu keluarga. ini dpt dibuktikan dg bahasa sama dg melayu malaysia, singapur, riau dll bahan logatnya jg sama, namun p. pisang dan pd guci yg berbeda bahasa dan logatnya ini disebabkan dulunya mereka berniaga ke daerah pasemah dan lampung, bahkan bahasa bintuhanpun ada pengaruh dari bahasa pendatang swperti inggris contohnya, jadi bahasa asli kaur sebenarnya bahlasa melayu. mengenai nama bintuhan itu nenek moyang kita dulu belajar ilmu agama dari banten, makanya bintuhan dan banten hampir mirip ini dibuktikan dg mesjid yg dulu di daerah bintuhan sama bentuknya dg mesjid di banten. jadi ga benar bintuhan asal dari penyakit itu hanya candaan orang2 saja. jadi sejarah yg saudara buat salah besar. krn saya asli orang bintuhan dan mendapat cerita dari orang tua dulu a.l. seperti datuknya suparqan zahari dan ibu saya halimah. dulu bila orang pd guci dan pulau pisang ke bintuhan mereka akrab bersaudara bahkan kata ibu saya kalau keluarga kami ke pd guci atau ke pulau pisang dilayani seperti tamu yang terhormat.Sirat Ma'aruf Syamsusdin

Desember 18, 2015

asal kaur yg berarti kehidupan idendik dg kehidupan dulu kaur adalah sebuah kewedanaan batas kewedanaannya dari krui sampai ke hulu pd guji ibukota kewedanaannya adalah kota bintuhan, penjajah belanda khususnya bukan sembaran membentuk kewedanaan kaur tentunya belanda melihat sejarah. asal penduduk kaur dari kerajaan melayu riau mereka melarikan diri krn tidak sesuai dg pemerintah kerajaan hingga bersembunyi mereka menamakan kaur krn tempat awal kehidupan mereka, mereka menyebar asa yg di pulau pisang ada di pd guci dan sekitar bintuhan mereka satu keluarga. ini dpt dibuktikan dg bahasa sama dg melayu malaysia, singapur, riau dll bahan logatnya jg sama, namun p. pisang dan pd guci yg berbeda bahasa dan logatnya ini disebabkan dulunya merwka berniaga ke daerah pasemah dan lampung, bahkan bahasa bintuhanpun ada pengaruh dari bahasa pendatang swperti inggris contohnya, jadi bahasa asli kaur sebenarnya baaasa melayu. mengenai nama bintuhan itu nenek moyang kita dulu belajar ilmu agama dari banten, makanya bintuhan dan banten hampir mirip ini dibuktikan dg mesjid yg dulu di daerah bintuhan sama bentuknya dg mesjid di banten. jadi ga benar bintuhan asal dari penyakit itu hanya candaan orang2 saja. jadi sejarah yg saudara buat salah besar. krn saya asli orang bintuhan dan mendapat cwrita dari orang tua dulu a.l. seperti datuknya suparqan zahari dan ibu saya halimah. dulu bila orang pd guci dan pulau pisang ke bintuhan mereka akrab bersaudara bahkan kata ibu saya kalau keluarga kami ke pd guci atau ke pulau pisang dilayani seperti tamu yang terhormat.Sirat Ma'aruf Syamsusdin

Posting Komentar
 
Kaur Semende Maje Nasal : Semende | imrodili | Surel
Copyright © 2010. KAUR SEMENDE - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger Published by Dracoola Media
Thanks To LoenBun