ANDAI-ANDAI NJAK NINING

0 komentar

Nenek moyang jeme Semende banyak care, care mendidik anak cucung untuk tujuan agar anak cucunya berbuat baik, berakhlak baik dan berbudi luhur. Cara mendidik pun dilakukan dengan contoh-contoh kisah-kisah cerita yg legendaris.                                                                                                                      
Kalau kita melihat jaman dulu tentang kehidupan sehari-hari dimana komunitas jeme semende selalu berkelompok baik didusun, di talang (ume) maupun dipersawahan. Jeme semende terkenal dengan adat-istiadat yang bersendikan Agama Islam, aturan-aturan selain larangan dari agame, juge ade aturan-aturan yang dikpacak di langgar dikarnekan larangan adat-istiadat jeme Semende.                                         Sesuai dengan zamannya falitas seperti sekarang ini belum ada, seperti listrik, televisi dan akalaupun ade hanya radio itupun jarang-jarang ye punye. Oleh karenenye make jeme dulu namanya tiduk malam jam habis sholat ishak lah tiduk gale. Tuwe mude lah tebadai, ade ye lah ngekhoh nderakdak. luk buntang benyawe........                    
Kambangan dak-kecik, cucung-cucung bekhebut ndak tiduk ngah Nineng, Nineng inilah ye kah andai-andai sambil nunjuk-i cucung-cucung nineng kah cerite tentang kisah-kisah legendaris, sambil menina bobokkan cucung nineng becerite sesuai dengan judul kisah-kisah ye disampaikan. Ade kisah sedih, kisah sombong, kisah ulu balang, kisah penolong dan bermacam-macam kisah  ye disampaikah nineng.                                              
Tuape Andai-anadai itu????? Andai-andai adalah suatu cerite fiksi yang seakan-akan, akan terjadi. namanya berandai-andai bisa ya bisa tidak. Tapi dibalik cerita fiksi itu semuanya terkandung isi, tentang kebaikan, keburukan, keserakahan, pengekhit, kesombongan, congkak dan ketabahan dalam mengarungi kehidupan. Jadi isi makna dari cerite andai-andai adalah suatu  Pengajaran ngah anak cucung, mane ye ilok, mane ye jahat, mane ye sombong, mane ye angkuh, mane ye tabah dan mane-mane ye terkandung didalam pergaulan sehari-hari. Makenye Andai-andai itu adalah pesan pengajaran Akhlak ngah anak cucung, sehingge diharafkan anak cucung itu kelak Agar Kaya Akan Akhlak yang baik dan mulia, baik dari segi ajaran Agama maupun dari segi aturan adat-istiadat.                                                                                              
Macam-macam Andai-andai; Andai-andai Batu Betangkup, Burung menumpu khumah raje, Putri kayangan tukhun Mandi, Jambu mbak Kulak,Yang telaki, Sangkebirat, Burung Dinang tujuh bekhading dll,,,,,,,,,,                                  Sumber :semendelembak.blogspot.com/2012/03/andai-andai.html
Share this article :
 
Kaur Semende Maje Nasal : Semende | imrodili | Surel
Copyright © 2010. KAUR SEMENDE - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger Published by Dracoola Media
Thanks To LoenBun